16 April 2008

Akibat Lapuk, Gedung SD Roboh Dimakan Usia

BANYUMAS - Tiga ruang kelas SD Dasar Tinggarwangi I di Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas roboh akibat bangunan yang sudah termakan usia.

Ruangan yang roboh itu merupakan ruang kegiatan ekstra-kurikuler. Seluruh atapnya roboh dan menyisakan puing-puing yang berserakan.Sementara kayu-kayu atap masih dibiarkan tergeletak.

Kejadian ini berlangsung akibat kondisi di Wilayah Kabupaten Banyumas yang sering hujan. Sedangkan bangunan sekolah sendiri sudah terlihat lapuk. Beberapa kayu penyangga atap bangunan bahkan terlihat sangat lapuk dan mudah dipatahkan dengan tangan.

Peristiwa yang terjadi tadi malam tadi menyebabkan para siswa dan guru terkejut saat hendak memasuki ruang kegiatan ekstra-kurikuler Kamis pagi tadi (10/4/2008). Mereka langsung beramai-ramai melakukan pembersihan ruang kelas ekstra-kurikuler.
"Bangunan sekolah kami memang sangat rapuh dan sudah tua. Apalagi bangunan ini hanya pernah direhab satu kali yaitu pada tahun 1976 dan itu juga merupakan rehab ringan," ujar Rusaman, Kepala Sekolah SDN 1 Tinggarjaya.

Dia menambahkan, pihak sekolah berencana akan mengajukan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Banyumas untuk perbaikan tiga ruang kelas ini. Sementara para siswa terlihat khawatir dengan kondisi sekolahnya. Apalagi beberapa kayu di ruang kelas mereka juga sudah banyak yang rapuh. Siswa berharap, pemerintah Kabupaten Banyumas segera memberikan bantuan agar kegiatan belajar mereka tidak diliputi rasa waswas. (Saladin Ayyubi/Global/fit)

Tidak ada komentar: