23 April 2008

117 siswa Jember Tidak Ikut Ujian Nasional

Rabu, 23 Apr 2008 TEMPO Interaktif, Jakarta:Sedikitnya 117 orang siswa SMA/Sederajat di Jember yang tidak mengikuti Ujian Nasional (UNAS). Dari 117 siswa itu, sebanyak 48 orang merupakan siswa SMA, MA dan MAN, dan 69 orang adalah siswa SMK.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Nasional Jember, Achmad Sudiyono, ratusan siswa yang tidak mengikuti Unas itu karena mengundurkan diri, sakit, dan ada yang tidak atau tanpa keterangan kepada pihak sekolah masing-masing.

Berdasarkan hasil evaluasi Dispendiknas Jember, lanjutnya, dari 48 siswa SMA, MA dan MAN yang tidak ikut Unas tahun ini, tercatat 36 orang mengundurkan diri, 3 siswa tidak ijin dan 9 siswa sakit. Sedangkan dari 69 siswa SMK yang tidak ikut Unas, sebanyak 68 siswa mengundurkan diri, dan 1 siswa tidak ijin.

"Bagi yang sakit, kami memberikan kesempatan untuk ikut ujian susulan," katanya, Rabu (23/4).

Sementara, bagi siswa yang absen Unas karena mengundurkan diri karena beberapa alasan. Beberapa siswa, kata Achmad, menyatakan mengundurkan diri dari peserta Unas karena menikah, dan bekerja ke luar negeri. "Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Tetapi kami menyarankan mereka, kalau tidak mau ikut Unas, masih bisa lewat program paket C," kata Achmad. mahbub djunaidy

Tidak ada komentar: