01 Juli 2009

Wah, Sekolah TK Pun Butuh Dana BOS, Pak!

Ilustrasi: "Karena tidak ada dukungan dana, pengelola kerap menarik biaya lebih kepada siswa. Di sekolah kami misalnya, uang SPP bulanan mencapai Rp20.000-30.000 per anak, mungkin dibandingkan biaya SD, SPP TK jauh lebih mahal," kata Nanik Sunarni, guru TK Masitoh, Ketandan, Pandak, Bantul, Rabu (1/7).
/

BANTUL, KOMPAS.com - Pengelola TK di Kabupaten Bantul, Jawa Tengah, mendesak pemerintah untuk memperhatikan nasib pendidikan TK. Selama ini TK dibiarkan tumbuh tanpa dukungan dana pemerintah sehingga mereka terpaksa menghimpun dana sendiri.

Para pengelola TK tersebut juga berharap, pemerintah pun mengucurkan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk siswa TK.

"Karena tidak ada dukungan dana, pengelola kerap menarik biaya lebih kepada siswa. Di sekolah kami misalnya, uang SPP bulanan mencapai Rp20.000-30.000 per anak, mungkin dibandingkan biaya SD, SPP TK jauh lebih mahal," kata Nanik Sunarni, guru TK Masitoh, Ketandan, Pandak, Bantul, Rabu (1/7).

Menurutnya, selama ini pemerintah hanya memberikan dukungan dana kepada TK negeri, padahal di Bantul hanya ada satu TK negeri. Sebagian besar adalah TK swasta.

"Karena tidak ada dana BOS, uang masuk TK saat ini tergolong mahal, bahkan mencapai jutaan," katanya.

Dia menambahkan, bagi sekolah-sekolah TK yang sulit menghimpun dana swadaya biasanya tidak akan bertahan lama.

"Posisi kami dilematis, mau menarik uang terlalu banyak masyarakat pasti terbebani karena kemampuan mereka terbatas, tetapi jika tidak kami yang kelimpungan. Di TK kami saja, honor yang diterima guru hanya Rp100.000/bulan," katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Non-Formal Kabupaten Bantul, jumlah TK mencapai 513 buah. Dari pantuan lapangan biaya pendaftaran masuk TK berkisar antara Rp15.000-200.000.

Di TK dan Playgroup Primagama Bantul, misalnya, uang pendaftaran dipatok Rp200.000, sementara biaya operasionalnya berkisar Rp3 juta. Sementara itu, di TK An Nisa Baturetno, uang pendaftaran Rp35.000, sedangkan uang masuknya berkisar Rp800.000.

http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/07/01/19282741/Wah..Sekolah.TK.Pun.Butuh.Dana.BOS..Pak

1 komentar:

Solusi Cari Alternatif Cari Dana Untuk Pendidikan mengatakan...

memang masih banyak sekolah-sejkolah yang sebenarnya membutuhkan dana BOS, semoga semua itu di perhatikan pemerintah