22 April 2008

Hari Ini, Selasa, 22 April 2008, Ujian Nasional (UN) SMA Digelar di Seluruh Indonesia


Petugas mengemas soal-soal Ujian Nasional (UN) di SMKN 2, Jalan Ciliwung, Bandung, Senin (21/4). Soal UN yang diterima untuk SMK se-Kota Bandung berjumlah 10.292 soal yang akan di distribusikan secara serentak. Pelaksanaan Ujian Nasional akan berlangsung Selasa-Kamis.

Kompas.com, Jakarta - Mulai hari ini (Selasa, 22/4) hingga Kamis (25/4) berlangsung ujian nasional (UN) untuk SMA dan sederajat di seluruh Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menjamin kesiapan pelaksanaan UN untuk SMA dan sederajat. "Saya sudah mendapat laporan, persiapan UN dari pusat sampai di sekolah sudah siap. Pengawasan juga sudah dilaksanakan, sehingga semaksimal mungkin diupayakan tidak bocor," kata Mendiknas Bambang Sudibyo di Jakarta, kemarin.

Bambang mengimbau semua pihak, baik pemerintah daerah, sekolah, guru, maupun siswa mengutamakan kejujuran dalam pelaksanaan UN. Pemerintah tidak menargetkan tingkat kelulusan, karena yang diutamakan adalah kejujuran dalam UN.

Berdasarkan, Permendiknas Nomor 33 Tahun 2007, UN SMA , mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi untuk IPA. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Matematika, Sosiologi dan Geografi untuk IPS.

Mereka harus mendapat nilai rata-rata minimal 5,25 agar bisa lulus atau salah satu nilai ujian mendapat angka 4,00 dan mata ujian lainnya minimal 6,00. Jika siswa tidak lulus, mereka harus mengulang pelajaran di sekolah atau mengikuti UN Pendidikan Kesetaraan Paket C.(ROY)

Tidak ada komentar: