29 April 2010

HARDIKNAS 2010 : KOMITMEN UNTUK MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER

Jakarta, 28/4/2010 (Kominfo-Newsroom) - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2010 dijadikan sebagai momentum untuk merevitalisasi pendidikan karakter, itu sebabnya tema besar yang diusung adalah "Pendidikan Karakter Untuk Membangun Keberadaban Bangsa".

            "Tema itu relevan dengan kondisi kekinian yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini," kata Sekretaris Panitia Hardiknas 2010, Bambang Indriyanto, saat memberikan keterangan pers tentang Hardiknas di Gerai Informasi Media (GIM), Kemendiknas Jakarta, Rabu (28/4).

             Saat memberikan penjelasan, ia antara lain didampingi Staf Khusus Mendiknas Bidang Media Sukemi dan Kabid Humas Kemendiknas Setiono.

             Menurut Bambang, pada peringatan Hardiknas 2010 yang acara puncaknya akan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mencanangkan Grand Desain mengenai Program Pembangunan Karakter sebagai program nasional yang akan secara serentak dilakukan oleh beberapa kementerian dan lembaga negara.

            Ia mengatakan, pendidikan dan pembangunan karakter atau pembangunan watak (character building) sangat penting, karena pemerintah berkeinginan untuk membangun manusia Indonesia yang berakhlak, berbudi pekerti dan berperilaku baik, dengan harapan di masa depan, bangsa Indonesia bisa  memiliki peradaban yang unggul dan mulia.

          Menurut Bambang, bangsa yang berkarakter unggul, di samping tercermin dari moral, etika dan budi pekerti yang baik, juga ditandai dengan adanya semangat, tekad dan energi yang kuat, dengan pikiran yang positif, sikap yang optimis, memiliki rasa persaudaraan, persatuan dan kebersamaan yang tinggi.

           "Totalitas dari karakter bangsa yang kuat dan unggul bisa meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa menuju Indonesia yang maju, bermartabat dan sejahtera di abad 21," katanya.

           Sementara itu Staf Khusus Mendiknas Bidang Media, Sukemi, mengatakan, peringatan Hardiknas 2010 akan ditandai dengan upacara bendera pada Minggu, 2 Mei 2010, di halaman Gedung Kemendiknas, dengan pembina upacara Mendiknas Mohammad Nuh dan di seluruh kantor dinas diknas provinsi, kabupaten/kota dan lembaga pendidikan tinggi.

           "Paca acara Hardiknas, Mendiknas akan menyematkan Satya Lencana Karya Satya kepada 111 pegawai di lingkungan Kemendiknas yang mempunyai dedikasi dan loyalitas tinggi dengan masa kerja 10 hingga 30 tahun," katanya.
           Mereka adalah 37 pegawai dengan masa bakti 30 tahun, 56 pegawai dengan masa bakti 20 tahun dan 18 pegawai dengan masa bakti 10 tahun.

           Seusai upacara, katanya, Mendiknas akan menandatangani MoU dengan PT Global Mediacom dan soft launching siaran televisi yang khusus didedikasikan untuk pendidikan keterampilan melalui saluran terbatas, dengan nama program "TV Citra Indonesia Terampil".

           "Acara lain adalah penyerahan arsip Kemendiknas kepada Kepala Arsip Nasional, penandatanganan prasasti peresmian TBM@MALL atau Taman Bacaan Masyarakat di mal)," katanya.

          Menurut dia, peringatan Hardiknas 2010 juga akan diisi berbagai kegiatan yang bersifat akademis dan sosial kemasyarakatan, di antaranya lomba karya ilmiah, pameran hasil-hasil pendidikan, pemberian penghargaan, pemberian beasiswa, olah raga, festival seni, bakti sosial, dan ziarah ke taman makam pahlawan.

          "Kegiatan-kegiatan itu diharapkan dapat memacu dan memotivasi peserta didik, tenaga kependidikan dan warga masyarakat untuk meningkatkan prestasi dan dedikasinya di bidang pendidikan," kata Sukemi. (T.Ad/ysoel)- http://www.bipnewsroom.info/index.php?&newsid=62141&_link=loadnews.php

Tidak ada komentar: