08 Agustus 2008

PT dan Industri Jalin Kerja Sama Riset

Sanur, Kompas - Kini sejumlah perusahaan swasta telah mulai menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi atau PT dan lembaga riset.

Perusahaan swasta berkiprah lewat program bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibity/CSR), di antaranya adalah Tanoto Foundation dari Kelompok Perusahaan milik Sukanto Tanoto, dan Bakrie untuk Negeri, yayasan pada Grup Perusahaan Keluarga Bakrie.

Ratih Loekito dari Tanoto Foundation, di sela acara Asian Science Camp (ASC) 2008 di Sanur, Bali, Kamis (7/8), menjelaskan, pihaknya memberikan dana riset tiga tahun melalui program Tanoto Professorship Award bagi PT. Saat ini masih dibatasi bagi 4 PT negeri, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Pertanian Bogor.

Bantuan untuk ITB digunakan membuat prototipe dan mengaplikasikan alat gasifikasi biomassa dari bonggol jagung skala 15 PK dalam riset yang dipimpin Heri Susanto. Untuk UGM, dana digunakan untuk penelitian jamur genoderma oleh Siti Widiastuti (Fakultas Kehutanan).

Antar-universitas

Kemarin juga ditandatangani memorandum of understanding (MOU) antara Universitas Multi-media Nusantara (UMN) dengan dua universitas, yaitu Stanford University di Amerika Serikat dan Nanyang Technological University di Singapura.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UMN Yohanes Surya dan Muliawati Siswanto, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UMN. Dari Stanford University diwakili Douglas Osheroff, Ketua Departemen Fisika (pemenang Nobel Fisika 1996). Pihak UMN juga menandatangani M>small 2<o>small 0<U serupa dengan Suresh Sethi dari Fakultas Seni, Media dan Desain Nanyang Technological University.

Kemarin tetap berlangsung sejumlah seminar dengan penyaji para peraih Nobel dan diskusi antara peneliti Indonesia yang berkarier di luar negeri dan siswa peserta ASC 2008. (YUN)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/08/08/00441167/pt.dan.industri.jalin.kerja.sama.riset

Tidak ada komentar: