24 April 2008

Unair Luncurkan E-Paper untuk SMA

Rabu, 23 April 2008

Surabaya- RoL-- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu, meluncurkan e-paper bagi SMA se-Jawa Timur yang merupakan ajang penulisan karya ilmiah dan populer secara elektronik.

"E-paper yang pertama di Indonesia itu akan diresmikan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional di auditorium Unair yang rencananya dihadiri presiden," kata Direktur Sistem Informasi Unair, dr Dripa Sjabana M.Kes.

Didampingi Sekretaris Unair Dr drh Imam Mustofa M.Kes saat berbicara di hadapan 30 guru dari 30 SMA se-Jatim, ia mengatakan Unair adalah pelopor e-paper di Jawa Timur.

"E-paper bertujuan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di kalangan siswa SMA, karena minat baca anak SMA memang masih rendah, padahal minat baca yang tinggi akan berdampak kepada peningkatan kualitas penulisan dan penelitian," katanya.

Untuk jangka pendek, katanya, e-paper hanya sebatas mendokumentasikan tulisan hasil penelitian dan karya ilmiah anak bangsa, namun kelak diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ditanya seorang guru tentang manfaat e-paper bagi sekolah, ia mengatakan e-paper dalam jangka panjang dapat digunakan media promosi bagi sekolah, terutama sekolah yang sulit berpromosi di media cetak.

"E-paper juga dapat dijadikan penilai kelulusan, misalnya dalam PMDK Prestasi ada guru yang kesulitan menentukan siswa yang masuk dalam peringkat lima besar karena nilainya sama, maka tulisan siswa dalam e-paper dapat dijadikan filter," katanya. Keuntungan lain, katanya, e-paper dapat dilihat pada laman google.com atau laman lainnya, sehingga paper ilmiah dari para siswa SMA dapat diakses se-dunia.

"Bagi Unair sendiri, kami tidak ada keuntungan secara signifikan, karena program itu merupakan bagian dari Universitas Social Responsibility (USR) atau tanggungjawab sosial Unair kepada masyarakat. Kami hanya diuntungkan dengan image (citra)," katanya. antara/mim

Tidak ada komentar: